Penyebab Gejala dan Pengobatan Tamponade Jantung


Menurut artikel Artria definisi tamponade jantung, itu adalah penyakit yang ditandai dengan tekanan akut pada jantung karena penumpukan darah atau cairan apa pun dalam kantung yang membungkus jantung. Ini adalah kondisi medis yang serius, kadang-kadang tekanannya terlalu kuat karena efusi jantung sehingga ventrikel gagal mengembang dengan baik dan jantung gagal berfungsi secara normal. Efek jangka panjang dari penyakit ini adalah gagal jantung untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh tertentu dan dalam kondisi akut penyakit ini dapat menyebabkan kegagalan organ, syok septik atau kematian. Pada artikel ini kita akan mempelajari penyebab, gejala dan pengobatan tamponade jantung berdasarkan patofisiologi tamponade jantung.

Jantung adalah organ yang rapuh; itu dilindungi oleh lapisan keras yang dikenal sebagai perikardium. Tamponade jantung adalah suatu kondisi di mana darah atau cairan terisi di antara lapisan pelindung jantung (karena beberapa alasan). Ketika ini terjadi, cairan tersebut memberikan tekanan pada jantung dan menghasilkan ekspansi ventrikel yang tidak tepat. Ketika ini terjadi, jantung gagal memasok darah secara efisien ke bagian tubuh tertentu. Dalam kondisi akut, tamponade jantung dapat menyebabkan kegagalan organ dan guncangan septik yang menyebabkan kematian.

 Penyebab Cardiac Tamponade:
Perikardium adalah lapisan pelindung jantung yang mencegah jantung dari cedera mekanis. Ini adalah kantung berdinding tipis dan ganda di sekitar jantung dengan sedikit rongga. Terkadang, penumpukan darah atau cairan tubuh lainnya di rongga ini dapat mengakibatkan stres akut pada jantung. Kemungkinan penyebab tamponade jantung disebutkan di bawah ini:
  • Luka tusuk yang dalam atau peluru.
  • Cedera traumatis yang disebabkan oleh kecelakaan mobil
  • Terkadang kateterisasi jantung, pemasangan alat pacu jantung atau angiografi dapat menyebabkan perforasi perikardium yang tidak disengaja yang dapat menyebabkan tamponade jantung.
  • Kanker payudara atau paru-paru yang terkadang menembus ke kantung perikardial.
  • Selama penempatan garis sentral, kadang-kadang tusukan dibuat seperti kateter untuk memberikan obat-obatan.
  • Peradangan perikardium dikenal sebagai Perikarditis
  • Tiba-tiba terjadi aneurisma aorta.
  • Paparan radiasi untuk waktu yang lama terutama jika area dada terkena sinar berbahaya
  • Hipotiroidisme yang terkait langsung dengan kemungkinan penyakit jantung
  • Gagal ginjal atau serangan jantung, dll.
  • Suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat yang secara keliru dikenal sebagai lupus juga merupakan salah satu penyebab tamponade jantung.


Gejala Tamponade Jantung:
Orang yang menderita tamponade jantung menunjukkan beberapa gejala khas seperti:
  • Tamponade jantung dan tekanan darah rendah serta kelemahan juga berkaitan erat
  • Perasaan gelisah dan kecemasan akut
  • Salah satu komplikasi tamponade jantung meliputi nyeri persisten di daerah dada, nyeri menjalar ke bagian tubuh lain seperti leher, bahu dan punggung.
  • Kesulitan bernafas terutama mengalami rasa sakit saat bernafas dalam
  • Kecepatan bernafas lebih cepat
  • Ketidaknyamanan dalam berdiri dan perasaan mereda saat duduk
  • Pingsan, vertigo, pusing dan kehilangan kesadaran

Diagnosis Tamponade Jantung:
Ada beberapa gejala yang sangat menonjol yang membuat dokter mudah mendiagnosis kondisinya. Gejala-gejala ini juga dikenal sebagai triade tamponade jantung, tanda-tanda klasik tamponade jantung disebutkan di bawah ini:
  • Pulsa lemah disertai tekanan darah rendah karena menurunnya kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  • Karena vena mengalami kesulitan membawa darah kembali ke jantung, ada ekstensi di dalam vena leher
  • Suara yang teredam di jantung bersama dengan detak jantung yang cepat yang pada dasarnya sebagai akibat dari penumpukan cairan di sekitar perikardium dan secara umum dianggap sebagai suara tamponade jantung.

Dalam sebagian besar kasus, penyedia layanan kesehatan Anda akan meminta tes lebih lanjut untuk mengonfirmasi diagnosis. EKG tamponade jantung (USG jantung) umumnya diambil yang membantu dalam mendeteksi keruntuhan ventrikel dan perikardium yang buncit. Sinar-X dada diambil juga dan dalam kasus penyakit ini jantung tampak membesar dan seperti bola. Jika dokter Anda masih tidak yakin tentang penyakit ini, beberapa tes lain disarankan untuk memastikan diagnosis yang benar sebelum perawatan medis segera diberikan. Tes tambahan ini adalah:

CT scan area toraks untuk mengetahui akumulasi cairan di dada dan perubahan struktur dan penampilan jantung. Pemantauan aliran darah melalui jantung dengan bantuan angiogram resonansi magnetik. Penilaian detak jantung yang dilakukan dengan bantuan elektro-kardiogram.

Perawatan Jantung Tamponade:
Setelah penyakit didiagnosis, pasien segera dirawat di rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Ada dua tujuan utama untuk pengobatan kondisi ini, untuk menghilangkan tekanan pada jantung untuk memberikan bantuan segera kepada seseorang, perawatan medis dari tamponade jantung dan Pericarditis konstriktif. Awalnya, dokter akan memberikan perawatan untuk membuat seseorang stabil. Setelah itu cairan diambil dari kantung perikardial dengan bantuan jarum dan mekanismenya dikenal sebagai perikardiosentesis. Beberapa proses invasif lainnya sering diperlukan seperti torakotomi yang membantu mengalirkan darah dan menghilangkan bekuan pada luka jika ada selama operasi tamponade jantung. Terkadang, untuk mengurangi tekanan pada otot jantung, sebagian perikardium juga diangkat melalui pembedahan. Pasien juga diberikan beberapa cairan esensial, obat-obatan dan oksigen untuk meningkatkan pasokan darah. Karena pasien stabil dan tamponade terkendali, beberapa tes dilakukan untuk mengetahui akar penyebab penyakit ini.

Intinya:
Perikardium adalah penutup pelindung yang menopang dan melindungi jantung dan mencegahnya dari guncangan mekanis. Tamponade jantung memiliki kondisi yang disebabkan oleh akumulasi cairan atau darah dalam rongga antara jantung dan perikardium. Kondisi ini menghasilkan tekanan akut pada jantung disertai dengan kegagalan ventrikel untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tamponade jantung adalah kondisi serius dan konsultasi segera dengan dokter dan rawat inap diperlukan.

Subscribe to receive free email updates: